RUSH B!! Advanced VOCALOID Tutorial

Home Forums Vocaloid Corner Tips & Trik Vocaloid RUSH B!! Advanced VOCALOID Tutorial

RUSH B!! Advanced VOCALOID Tutorial

  • Azhari Zaki

    :mrgreen: RUSH B!! ADVANCED VOCALOID Tutorial :mrgreen:

    Yak, kembali lagi bersama babang ganteng ini, selaku produser Vocaloid karbitan. Di seri yang terakhir ini, gua bakal ngejelasin tentang fitur Vocaloid yang belum dijelaskan sebelumnya. Di sini juga bakal dikasih juga beberapa contoh sampel suara biar kalian bisa mengetahui suaranya. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini gua pengennya megang bahan buat tutorial ini. Cuma, lantaran kebanyakan dan gua lupa mana aja bahannya, jadi gua coba bahas sebisa gua.

    Tutorial kali ini akan membahas mengenai:

    • “Singer Profiles” dan kenapa harus dipahami oleh kita.
    • “Singer Editor” dan apa yang bisa dihasilkannya.
    • Fitur “Pitch Snap Mode” dalam VOCALOID4 Editor.
    • “Phoneme Input” dalam memasukkan suku kata ke not.
    • “Job Plug-ins” untuk membantu kalian dalam bekerja.
    • “Sound Effects & VST Plug-ins” untuk memperbagus suara dan menyesuaikannya ke musik.
    • “Digital Audio Workstation” atau DAW dan mengapa hal ini menjadi alat yang ‘wajib’ dimiliki bagi para produser VOCALOID.

    Kalo tetipa puyeng ngikutin ini, memang demikian adanya. Monggo dilirik ke tutorial sebelumnya bila ada yg lupa:

    1. RUSH B!! Basic VOCALOID Tutorial
    2. RUSH B!! Intermediate VOCALOID Tutorial
    3. RUSH B!! Advanced VOCALOID Tutorial

    Masih puyeng? Boleh lihat di sumber yang sudah dicantumkan, atau tanyain aja di sini ^^


    Singer Profiles

    Dan kenapa harus dipahami

    How she feels when singing an E1 notes at 240 BPM…

    Kadang kita pilih Voicebank VOCALOID bukan karena suaranya bagus, melainkan karena ciri khas-nya yang bikin kita kepincut, seperti gambarnya, popularitasnya, atau dari lagu-lagu yang terkenal kalo dinyanyiin pake Voicebank itu. Padahal, untuk membuat lagu yang bagus, salah satu aspeknya adalah memahami suara sang vokalis, agar lagunya dapat disesuaikan dengan kemampuannya dan tidak merusak lagu. Terlalu tinggi nadanya membuat suara vokalis terkesan tercekik, dan terlalu rendah suaranya membuat pengucapan vokalis menjadi kabur atau tidak jelas. Hal ini berlaku bagi seluruh vokalis, termasuk VOCALOID.

    Singer Profile dari Hatsune Miku V2

    Untuk itu, maka kita perlu mengenalnya melalui Singer ProfilesSinger profile sendiri tidak jauh berbeda dengan biodata penyanyi yang bersangkutan, hanya saja ada tambahan keterangan seperti:

    • Best Vocal Range.

    Best Vocal Range adalah rentang nada vokal yang dianjurkan oleh produsen Voicebank VOCALOID untuk menghasilkan suara vokal yang terbaik, dalam hal menunjukkan ciri khas suara karakter tersebut.

    • Favourite Genre.

    Favourite Genre adalah genre musik yang dianjurkan oleh produsen Voicebank VOCALOID yang dinilai cocok dengan ciri suara Voicebank tersebut.

    • Favourite Tempo.

    Favourite Tempo adalah kecepatan tempo musik yang dianjurkan oleh produsen Voicebank VOCALOID yang dinilai cocok dengan ciri suara Voicebank tersebut.

    Singer Profile biasa ditemukan di setiap casing ketika kamu membeli Voicebank VOCALOID. Namun, kamu juga bisa mencobanya mencari di internet, seperti Wikipedia atau Vocaloid Wikia. Perlu diingat bahwa setiap Voicebank VOCALOID, bahkan Voicebank yang berbeda generasi, memiliki karakteristik dan keterangan yang berbeda. Sehingga, kamu harus memahami masing-masing karakter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

    Berarti “Singer Profile” gak memungkinkan kita untuk make di lagu yg gak sesuai dong?

    Akita Neru

    Singer Profile sendiri adalah sebagai patokan yang dianjurkan oleh produsen Voicebank VOCALOID. Apakah kita akan mengikutinya atau mau bereksperimen mencari karakter baru juga kembali ke kamu. Produsen Voicebank VOCALOID di sini tidak membatasi kamu harus mengikuti patokan mereka. Tidak jarang banyak produser VOCALOID yang tidak menggunakan patokan ini dan tetap membuat lagu-lagu yang bagus, atau bahkan membuat karakter baru, seperti Akita Neru atau Sakine Meiko.

    Ada tujuan penggunaan lainnya gak?

    Ada, tapi biasanya tidak ditemukan di belakang casing Voicebank yang kamu beli, melainkan di internet, seperti di Vocaloid Wikia. Tujuan lainnya adalah untuk mencari tau apa kelemahan dari Voicebank VOCALOID tersebut. Pada umumnya, kelemahan ini ditemukan oleh pengguna dalam bentuk cacat produksi dari produsennya, seperti contohnya pada Hatsune Miku English V3 di bawah ini.

    Contoh keterangan tambahan dari Singer Profiles Hatsune Miku English V3 yang ditemukan di Vocaloid Wikia. | Source: http://vocaloid.wikia.com/wiki/Hatsune_Miku_V3_English

    Perlu diingat bahwa karena informasi tersebut berasal dari sesama pengguna, ada baiknya kamu lakukan cross-check di website lain, tanya ke user lainnya, atau mengujinya sendiri. Just to make sure, you know.


    Mengenal Singer Editor

    Penampang Singer Editor

    Singer Editor adalah fitur di VOCALOID Editor untuk mengubah suara Voicebank VOCALOID dengan cara mengubah parameternya secara keseluruhan. Fitur ini bekerja seperti menggunakan “Parameter Graph”, namun fitur ini bekerja seperti membuat penyanyi baru atau menyetel penyanyi yang sudah ada menjadi suatu template penyanyi baru. Gua lebih suka bilangnya template karena suara asalnya masih sama, yaitu Voicebank VOCALOID yang sudah adaMaybe you think that this is not important, but trust me you’ll need this feature, definitely!


    Bagaimana cara bukanya? Cukup ke menu Setting, lalu klik Singer Editor.


    Mengenal Fitur Pitch Snap Mode*

    Fitur ini hanya tersedia di VOCALOID4 Editor

    Yup, that things

    Pitch Snap Mode adalah fitur yang membuat pergerakan nadanya menjadi datar. Pada umumnya, setiap perubahan nada akan ada pergeseran nada secara perlahan yang sering di sebut dengan Legato. Nah, Pitch Snap Mode ini fungsinya meniadakan Legato, sehingga tidak ada pergeseran nada ketika ada perubahan nada. Hasilnya? Suaranya seperti diberi efek Auto-tune dan berkesan robotik.

    Pitch Snap Mode akan membuat warna Musical Part menjadi kuning bila diaktifkan.

    Sebelum Pitch Snap Mode

    Setelah Pitch Snap Mode

    Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup buka menu Part, lalu klik Pitch Snap Mode.


    Memasukkan Kode Suara dengan Phoneme Input

    Salah satu metode untuk membuat VOCALOID bernyanyi selain dengan Insert Lyrics adalah dengan metode Phoneme Input. Sesuai dengan namanya, metode ini menggunakan kode fonem untuk dimasukkan ke dalam not.

    Kode fonem dari setiap suku kata yang dimasukkan pada lagu Still Alive (OST Portal Cover).

    Untuk mengetahui dimana dan seperti apa kode fonem tersebut, bisa di lihat di atas, atau tekan Ctrl + R pada Musical Editor kamu. Kode fonem ditunjukkan pada kode-kode yang diapit oleh dua kurung kotak dalam not. Kode inilah yang bakal dibaca oleh VOCALOID dan akan dikeluarkan suaranya, sehingga itulah penyebab kenapa gua katakan sebelumnya bahwa harus dimasukkan per suku kata.

    Untuk mengisinya:

    Step 1: Pada Musical Editor, buka menu View, lalu klik Phoneme Preferred Display, atau tekan Ctrl + R sebagai Shortcut.

    Step 2: Pada Musical Editor, double-click pada not yang ingin diubah kode fonemnya. Lalu, tekan Enter pada keyboard bila sudah selesai.

    Metode ini sangat merepotkan bagi pemula, namun sangat berguna bagi produser yang ingin membuat lagu dengan bahasa di luar kemampuan Voicebank tersebut. Bahkan, hal ini harus dikuasai bila kamu ingin membuat lagu berbahasa Indonesia menggunakan VOCALOID.

    Kak, kode fonemnya ada apaan aja ya?

    Cukup banyak kode fonem yang ada untuk satu Voicebank VOCALOID. Gua dulu sempat nemuin daftar kode fonemnya di forum lama dan sempat gua re-upload. Agak repot bacanya, but it’s worthed definitely!

    https://drive.google.com/open?id=0B0utOPgdv52qT19OWml4alNJam8

    Not only that! According to VocaloidOtaku, there’re some hidden phonetics code that could be useful:

    • Devoiced Phoneme [_0]

    Seperti namanya, kode fonem ini membuat VOCALOID tidak membunyikan huruf vokal pada suku kata. Sangat berguna buat menimbulkan suara huruf mati selain “N” atau “Ng”.

    Contoh: [a][m M_0][p a][4 a_0] akan menghasilkan suara “Ampar”

    • Silence Phoneme [Sil]

    Kode fonem ini membuat VOCALOID berhenti sejenak dan tidak membunyikan suara, termasuk suara transisi antara satu fonem ke fonem lainnya. Sangat berguna buat menghasilkan efek staccatolike one of iconic song by Disturbed if you know.

    Contoh: [a][Sil i][Sil p a][Sil a] akan menghasilkan suara “A, i, pa, a”

    • Aspiration Phoneme [Asp]

    Menurut salah satu user di VocaloidOtaku, Mini, kode fonem ini hanya dapat digunakan pada fonem vokal saja. Ketika digunakan, suara fonem vokal pertama akan terasa “menghembus” dan mengakibatkan fonem kedua tidak berbunyi, walaupun menyisakan suaranya sangat sedikit.

    Contoh: [a Asp o] akan menghasilkan suara “A” dan sedikit “o”


    Mengenal Job Plugins

    Job Plugins adalah semacam alat bantu kamu dalam membuat lagu VOCALOID. Alat ini akan mengubah not pada Musical Editor atau mengubah parameter pada Parameter Graph juga. To summarize, alat ini tujuannya untuk buat pekerjaan kamu dalam membatik VOCALOID jadi lebih mudah. Job Plugins adalah produk buatan luar YAMAHA (Third-party), jadi kamu dapat mencarinya dengan mudah dan, mungkin, gratis di Internet.

    Where to find ’em? Right here!

    Tapi, kamu gak bisa pakai begitu saja. Kamu harus daftarin dulu Job Plugins-nya di VOCALOID kamu. Yang pertama kamu harus lakukan adalah:

    Step 1: Buka Manage Job Plugins. Bakal muncul gambar seperti ini:

    Step 2: Klik Add, lalu masukkan direktori file Job Plugins yang ingin didaftarkan.

    Step 3: Klik OK, lalu Job Plugins akan muncul di daftar kamu dan siap digunakan.

    Now, let’s try it!

    Step 4: Buka Execute Job Plugins, maka akan muncul gambar seperti ini:

    Step 4: Pilih Job Plugins yang telah kamu daftarkan sebelumnya, lalu klik Run.

    Akan muncul gambar baru berisi pengaturan dari Job Plugins tersebut. Atur sesuai keinginan, dan Voila! It’s done!


    Belom kelar, jadi sabar ya 😀 Ntar diupdate lagi


    That’s all for now!

    Itulah VOCALOID Tutorial kali ini dari gua. Nantikan tutorial selanjutnya (maybe about other things, but well, we’ll see) dari gua, produser VOCALOID karbitan. Kalo ada yang mau ditanyakan, feel free to ask! ^^

    Pengen baca-baca tutorial lainnya, silahkan lihat dimari:

    1. RUSH B!! Basic VOCALOID Tutorial
    2. RUSH B!! Intermediate VOCALOID Tutorial
    3. RUSH B!! Advanced VOCALOID Tutorial

    Do Svidaniya, Tovarishch!

You must be logged in to reply to this topic.