Reply To: 【Hatsune Miku V3】 Time Machine 【Indonesian Cover】

Home Forums Vocaloid Corner Vocaloid Showcase 【Hatsune Miku V3】 Time Machine 【Indonesian Cover】 Reply To: 【Hatsune Miku V3】 Time Machine 【Indonesian Cover】
Azhari Zaki

@Rinoarashi Berarti VOCALOID-nya aja nih, ya 😀

Untuk VOCALOID-nya, kayaknya perlu diperhatiin lagi Pitch-nya, terutama pas akhir bait. Soalnya terdengar kayak cegukan Miku-nya, biasanya karena ada lonjakan pitch secara drastis dan (biasanya) gak kekontrol. Coba dicek di Parameter Graph-nya, yg ada grafik-grafik di bawah itu. Seandainya ada lonjakan pitch tepat sebelum selesai ngomong, coba diturunin, diratain aja, atau dihapus. Tapi jangan lupa dicek lagi suaranya, takutnya malah makin aneh 😀

Buat Volume, sebenarnya masih kecil banget dan gak rata. Ada bagian yang kecil banget suaranya, tapi ada yang gede suaranya. Yg benernya sih digedein satu-satu di bagian yang kecil suaranya. Daripada gedein satu-satu di Dynamics Parameter, coba dikasih Compressor di suara Miku-nya, pas disatuin sama musiknya. Setel “Attack”-nya di bawah 10 ms, “Ratio” sekitar 3:1 s/d 4:1, sama “Threshold” sedikit di bawah “Peak” yang tingginya. Coba dikira-kira aja sampai suara Miku-nya cukup stabil gede kecilnya.

Itu aja sih dari gua, moga bantu ^^

P.S. Coba tambahin “Reverb” sama “Delay” kecil buat suara Mikunya biar bagus dan gak kering. 😀