Reply To: [RELEASED] Proyek Album Kompilasi untuk hari Natal dan Tahun Baru.

Home Forums Vocapost Activities Online Event [RELEASED] Proyek Album Kompilasi untuk hari Natal dan Tahun Baru. Reply To: [RELEASED] Proyek Album Kompilasi untuk hari Natal dan Tahun Baru.
Azhari Zaki

@egiharu @suiginshou Okay, okay. Here’s my review, dan tidak ditutup kemungkinan untuk diskusi bareng biar lagu selanjutnya makin mantap jiwa!

Oh ya, masing-masing lagu dari kalian yg ada di album udah gua mastering sebelumnya, jadi kalo suaranya rada beda sama pas submisi, harap maklum adanya…

Hadeuh, gua janjinya siang ini kenapa baru posting sekarang ya… #duh


Pertama, kita bahas lagu hasil submisinya @egiharu dulu.

Gua sengaja upload ulang ke SC buat review (private track kok, jadi cuma nongol di sini doang) karena ketiga lagu ini yang kemarin gua bilang gak lolos seleksi. Bukan karena materi lagunya mirip dengan yang lain, tapi kelayakan untuk didengar dan dipublikasikannya yang gak dapet di ketiga lagu tersebut.

Kekurangan dari ketiga lagu ini adalah tidak ada sinkronisasi antara masing-masing instrumen dan vokal. Baik dalam tempo, nada, maupun warna suara. Memang bagi yang baru mencoba bermain musik, hal ini sulit sekali untuk diatasi, dan gak sedikit gua temui kasus kayak gini.

Saran dari gua adalah, coba latihan mengenal nada dan dasar-dasar musik dengan memainkan lagu orang. Karena masalah kamu ini sifatnya mendasar/basic, jadi yang pertama kamu perlu lakukan adalah mengenal musik dahulu. Jangan sentuh VOCALOID dulu kalo dirasa sulit, coba main gitaran atau alat musik apa aja. Atau kalo lu pengen fokus di komputer aja, coba jiplak aransemen lagu yang sudah jadi. Maksud gua jiplak ini, coba tulis ulang aransemennya sesuai lagunya, gak usah dibikin improvisasi dulu.

Gak cepet sih, karena kenalan sama musik secara teknis gak cepet (kek kenalan ama calon mertua, muter-muter). But, I’m sure that is the best way I know. Good luck!

Next one…


Dira – Tahun Berganti, Waktu Berganti (ft. Megurine Luka)

Kekurangan dari lagu ini adalah:

  • Nada vokal terlalu tinggi. Ini kayaknya karena ketarik sama nada dasar lagunya yang kelewat tinggi. Jadinya suara Luka gak mampu keluar dan tinggal suara falsetto-nya aja. Kecekek bro Luka-nya :D.
    • Saran dari gua, coba ubah nada vokalnya atau turunin nada dasar lagunya, sesuai dengan singer profile Megurine Luka. Menurut di Internet, range vokal Luka itu di E2-F4 untuk V4x, atau D3-D5 untuk V2 (sesuaikan dengan Voicebank yang kamu punya). Tapi ada baiknya coba-coba sendiri sampai suara khas Luka-nya keluar dan enak didenger. Jangan cuma nadanya asik aja, ya ^^
  • Volume drumnya terlalu tinggi. Kesannya jadi posisi drum-nya terlalu maju, jadinya makan suara bass-nya.
    • Saran dari gua, kecilin volume drum-nya, tambahin lagi di simbal. Kira-kira sekitar 1-2 dB, atau sampai suara drum terdengar mulai ketelen sama instrumen lainnya.
  • Karakter suara di lagunya belum keluar alias masih terdengar banget instrumen buatannya. Ini agak sulit buat dijelasin solusinya karena gua sendiri juga masih belum mahir di sini. Tapi, buat di album ini gua sempat kasih vintage mastering biar karakternya sedikit keluar.

Itu aja untuk lagu ini, semoga hasil review ini bisa membantu kalian.


haruharu – Little Dream (ft. Fukase)

Khusus untuk ini, berhubung gua masih kurang ngerti soal EDM, gua tanya sedikit ke produser VOCAPOST, AkibaKICK.

Kekurangan dari lagu ini adalah:

  • Vokal ketelen sama instrumennya. Menurut AkibaKICK, ini disebabkan belum dikompres instrumennya dan volumenya yang terlalu besar.
    • Saran dari AkibaKICK, coba dikompres Lead Synth-nya dan diturunin sedikit volumenya. Selain itu, coba synth-nya dibuat wide buat ngasih spot kosong buat vokal. Dan coba gunakan multi-compressing pada lagunya. I don’t know what is it, though, sorry ^^

Itu aja untuk lagu ini, semoga hasil review gua bisa membantu kalian.


DragonHound – Selamat Hari Natal dan Tahun Baru (ft. Hatsune Miku & IA)

Kekurangan dari lagu ini adalah:

  • Vokal ketelen sama bass. Ketika gua denger pertama kali, suara vokalnya ketutup sama bass-nya. Ditambah suara kick bass-nya yang terlalu tinggi di frekuensi rendah bikin gua jadi pusing dengerinnya. Suara di frekuensi rendah sekitar 20 – 140 Hz bisa bikin kepala pusing kalo terlalu besar, dan bikin pendengar tidak bisa menikmati lagunya. Untuk di album ini, gua sempet kecilin sekitar -3 dB di 20 – 140 Hz via spectogram Audacity.
    • Saran dari gua, lain kali coba dikompres Bass-nya dan diturunin sedikit volumenya.
  • Vokal IA dan Miku belum seimbang.
    • Saran dari gua, coba pasang compressor di masing-masing vokal sebelum dikasih auto-tune. Lalu sesuaikan volumenya.

Itu aja untuk lagu ini, semoga hasil review ini bisa membantu kalian.


Dwi Kashiwagi – Natal di Tahun Ini (ft. SeeU)

Kayaknya ini satu-satunya lagu yang gua sendiri bingung apa kekurangannya. Semuanya udah oke. Kalo ada yg bisa spot kekurangannya, tolong kasih tau di sini ya.


Suiginshou – When The Child is Born (ft. GUMI)

Kekurangan dari lagu ini adalah:

  • Dinamika vokal gak konsisten di tempatnya. Ketika gua denger pertama kali, suara vokalnya suka tiba-tiba gede sendiri tapi bukan di tempatnya. Dugaan gua, vokalnya diambil dari rekaman kamu nyanyi, lalu diproses pake Vocalistener Job Plugins. Cuma, pas lagi rekaman posisi mic-nya belom steady.
    • Saran dari gua, lain kali coba dikompres dulu vokalnya atau dikulik lagi Dynamic Parameternya di VOCALOID Editor-nya.

Itu aja untuk lagu ini, semoga hasil review ini bisa membantu kalian.


RxTrip – Dari Pulau dan Benua (ft. Hatsune Miku & Kagamine Len)

Kekurangan dari lagu ini adalah:

  • Vokal ketelen sama kick bass. Kick bass-nya kekencengan di frekuensi rendah (sekitar 20 – 140 Hz), jadi bikin gua jadi pusing dengerinnya. Untuk di album ini, gua sempet kecilin sekitar -3 dB di 20 – 140 Hz.
    • Saran dari gua, lain kali coba dikompres Bass-nya dan diturunin sedikit volumenya.
  • Vokal Len dan Miku belum jelas. Yak, ini memang sulit karena harus telaten. Gua sendiri juga kadang masih salah-salah pas ngatasin ini.
    • Saran dari gua, biar gampang buat bikin jadi lebih jelas, coba pasang compressor di masing-masing vokal, terus di EQ. Coba mainin di frekuensi 120 – 240 Hz, naikin dikit di sekitar 5 kHz buat naikin vocal presence. Oh ya, sama naikin sibilance pake Clearness Parameter di VOCALOID Editor

Itu aja untuk lagu ini, semoga hasil review ini bisa membantu kalian.


RxTrip – Jingle Bells (ft. Hatsune Miku)

Kekurangan dari lagu ini adalah:

  • Aransemen yang terlewat sederhana. Nah loh! Kejar setoran ini ya? 😀 Boleh sih, tapi mbok dikasih variasi dikit lah. Kocak nih gua dengernya XD
  • Vokal ketelen sama instrumen. gitarnya kekencengan, jadinya kayak vokalnya tiba-tiba nongol di tengah-tengah suara gitar.
    • Saran dari gua, lain kali coba dikecilin dulu suara gitarnya.
  • Vokal Miku belum jelas. Yak, ini memang sulit karena harus telaten. Gua sendiri juga kadang masih salah-salah pas ngatasin ini.
    • Saran dari gua, biar gampang buat bikin jadi lebih jelas, coba pasang compressor di masing-masing vokal, terus di EQ. Coba mainin di frekuensi 120 – 240 Hz, naikin dikit di sekitar 5 kHz buat naikin vocal presence. Oh ya, sama naikin sibilance pake Clearness Parameter di VOCALOID Editor

Itu aja untuk lagu ini, semoga hasil review ini bisa membantu kalian.


Itu aja kali ya, kalo ada yang mau ditanyain atau didiskusikan, monggo ditanya di sini ^^