Keseruan Gelar Jepang UI 22 Day-1

Home NewsKeseruan Gelar Jepang UI 22 Day-1
IMG_20160813_112201

Keseruan Gelar Jepang UI 22 Day-1

Comments off

Berikut adalah seisi acara dalam Gelar Jepang UI ke-22 Day-1 yang telah kami rangkum.


Kontributor: Mochizuki
Suasana acara Gelar Jepang UI 22. (Sumber: GJUI)

Suasana acara Gelar Jepang UI 22. (Sumber: GJUI)

Hari pertama pagelaran acara Gelar Jepang UI (GJUI) 22 disambut dengan meriah oleh para penggemar jepang dan masyarakat sekitar, yang dapat dilihat dari banyaknya pengunjung sesaat setelah gate resmi dibuka. Pelaksanaan GJUI 22 ini diadakan 3 hari, Day 1 pada hari Sabtu (13 Agustus 2016) dan Day 2 pada keesokan harinya (14 Agustus 2016) di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia (PSJ UI), Depok. Namun untuk Day 3, pagelaran GJUI 22 akan dilaksanakan di Parkir Timur Senayan, Jakarta, dengan lokasi yang lebih luas dan durasi yang lebih lama.

Open Gate hari pertama dibuka pukul 10.30 pagi, dimulai dengan acara pembukaan sekaligus dilanjutkan dengan berbagai pertunjukan di Auditorium PSJ UI. Pertunjukan yang disajikan diantaranya permainan Koto, Arumba, dan penampilan dari Orkes Mahasiswa Mahawaditra. Setelah break ISHOMA, pertunjukan di Auditorium PSJ UI dilanjutkan dengan Lomba Karaoke, hanya saja kita tidak dapat masuk ke dalam karena sudah dipenuhi penonton.

Berbagai diorama dari para kontestan Lomba Diorama Gundam yang diselenggarakan oleh Gelar Jepang UI (GJUI) 22 di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia, Depok.

Berbagai diorama dari para kontestan Lomba Diorama Gundam yang diselenggarakan oleh Gelar Jepang UI (GJUI) 22 di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia, Depok. (VP/RDN)

Selain Lomba Karaoke, ada pula Lomba Diorama Gundam yang berlangsung dari pukul 11.00 di Koridor PSJ UI, dan Lomba Fotografi yang berlangsung di Ruang R.214 PSJ UI. Tidak ketinggalan, ada Lomba Makan Ramen yang diadakan di Lapangan Rumput PSJ UI.

Hari pertama cukup ramai dengan dihiasi oleh para cosplayer & costreet yang turut serta dalam acara GJUI 22, meski terlihat tidak sebanyak ekspektasi kami.

Sore hari terlihat beberapa orang mengenakan pakaian bela diri dan membawa pedang bambu, sibuk menyiapkan matras dan mengosongkan tempat. Ternyata mereka ingin bersiap-siap untuk Demo Kendo! Setelah persiapan selesai, mereka mulai mempertunjukkan kegiatan latihan Kendo dan beberapa jurus yang telah dipelajari. Hasilnya? Pertunjukan tersebut berhasil menarik perhatian pengunjung sehingga area pertunjukan ramai dipenuhi penonton.

Pertunjukan unjuk keahlian berpedang dari Klub Kendo UI di Gelar Jepang UI (GJUI) 22 Day-1.

Pertunjukan unjuk keahlian berpedang dari Klub Kendo UI di Gelar Jepang UI (GJUI) 22 Day-1. (VP/RDN)

Tapi beberapa orang mungkin lupa dengan adanya obakeyashiki (Rumah Hantu) yang juga diadakan di Day 1 & 2 GJUI 22. Mungkin karena sedikitnya flyer yang menunjukkan adanya obake *bahkan saya sendiri ditanyai oleh salah satu pengunjung tentang keberadaan obake*.

Di area bazaar makanan terlihat banyak pengunjung yang mengantri untuk membeli makanan khas Jepang, seperti takoyaki, okonomiyaki, kakigori, dsb. Selain itu juga dapat dijumpai makanan lainnya, seperti mie goreng, nasi goreng, dan lainnya.

Day-1 pun diisi dengan penuh kemeriahan hingga acara selesai. Para pengunjung sudah mulai meninggalkan lokasi area GJUI 22 sekitar pukul 17.00.

 

Share